Persiapkan Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Mahalnya biaya pendidikan memang menuntut setiap keluarga untuk lebih teliti lagi dalam mengatur keuangan demi masa depan sang buah hati. Berbagai produk tabungan maupun asuransi pendidikan pun kini ramai bermunculan dengan menawarkan berbagai keuntungan serta kemudahan. Namun, seperti apakah sesungguhnya perbedaan antara tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan, serta jenis produk investasi seperti apakah yang tepat untuk dijadikan pilihan keluarga ?

Sesungguhnya berbagai produk investasi pendidikan yang ditawarkan saat ini, baik yang berupa asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan memiliki manfaat yang sama, yaitu sebagai persiapan jangka panjang untuk masa depan sang buah hati. Namun alangkah baiknya pemilihan produk investasi pendidikan disesuaikan terlebih dahulu dengan pendapatan yang Anda terima serta besarnya jumlah biaya yang Anda keluarkan dalam satu bulan. Menurut Gail Cunningham, dari National Foundation for Credit Counseling sebaiknya dalam satu bulan harus dialokasikan sebagai dana cadangan atau simpanan sedikitnya 10 persen dari penghasilan yang diperoleh pengalokasian dana tersebut dapat berbentuk tabungan maupun asuransi.

Selain itu, sisi fleksibilitas dari produk investasi yang akan dipilih adalah salah satu faktor penting yang harus dicermati. Selama ini masyarakat hanya mengenal produk tabungan konvensional sebagai produk investasi yang sangat fleksibel, dana yang disimpan dapat dengan mudah ditarik sewaktu-waktu. Namun pada saat ini, beberapa produk tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan pun telah memiliki tingkat fleksibilitas serupa tabungan konvensional, tetap memiliki waktu jatuh tempo, namun dana yang diinvestasikan tetap dapat ditarik saat Anda benar-benar membutuhkan.

Akan tetapi meskipun produk tabungan pendidikan maupun asuransi pendidikan memiliki kemudahan dalam penarikan dana, seyogyanya jangan sedikitpun Anda memiliki pikiran untuk menarik dana yang Anda investasikan (kecuali dalam kondisi yang amat sangat terpaksa) untuk keperluan di luar biaya pendidikan anak Anda.

Perlu diketahui, tabungan pendidikan adalah berbeda dengan tabungan konvensional (biasa) serta memiliki kesamaan dengan asuransi pendidikan. Perbedaan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan adalah institusi (lembaga) yang mengeluarkannya. Tabungan pendidikan dikeluarkan oleh institusi perbankan, sedangkan asuransi pendidikan dikeluarkan oleh institusi asuransi. Selain itu, asuransi pendidikan adalah investasi pendidikan yang dilindungi dengan asuransi. Dan untuk memiliki tabungan pendidikan, seseorang haruslah memiliki rekening tabungan (konvensional) terlebih dahulu pada bank yang bersangkutan.

Dan kedua produk investasi tersebut memiliki keunggulan yaitu memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan konvensional dan hampir setara dengan bunga deposito. Kesamaan lain antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan adalah dana yang terdapat didalamnya telah “terkunci” oleh lembaga yang bersangkutan hingga jangka waktu tertentu yang telah disepakati (jatuh tempo), kecuali seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam keadaan terpaksa dan disetujui tentunya oleh lembaga yang mengeluarkan produk investasi tersebut.

Namun apapun nama dan jenisnya, investasi pendidikan anak di masa datang memang harus sesegera mungkin Anda pikirkan demi sang buah hati tercinta.

About onespirit129
Agen pemasaran asuransi Prudential

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: